Jumat, 26 November 2010

Galeri K-QTA, Wadah Kreasi Anak Jalanan


Galeri K-QTA adalah salah satu rumah singgah sekaligus wadah kreativitas anak-anak jalanan. Galeri yang terletak di Jalan Berdikari, Rawa Badak Utara, Jakarta Utara ini sudah berdiri sejak beberapa tahun silam. Tempat ini didirikan oleh tiga warga yang peduli dengan nasib anak jalanan. Mereka adalah Dindin Komarudin, Adang, dan Hans. Menurut Didin, anak-anak di sanggar K-QTA diajari berbagai kegiatan. Mereka diajarkan membuat berbagai jenis handicraft dari kardus bekas, koran, dan kertas daur ulang. Sudah banyak produk yang dihasilkan mereka.

Kerajinan tangan yang dibuat anak-anak biasanya aneka bentuk kotak dan kantong kertas daur ulang. Ada juga yang membuat bingkai foto dan alat pijat refleksi. Kendala yang harus dihadapi mereka adalah soal rendahnya kualitas, target produksi, serta pemasaran. Tapi, kata Didin, hal itu bisa diatasai.

Bagi anak jalanan, bukan hal mudah ketika mereka harus beradaptasi tinggal di rumah singgah. Kehidupan bebas yang biasa dilakoni seketika berubah. Awalnya mereka datang dan pergi ke sanggar ini. Apalagi, penghasilan di jalanan lebih besar dibandingkan di sanggar. Meski begitu, hidup di rumah singgah akhirnya terbukti lebih menjamin mereka.

Sanggar K-QTA rutin mengikuti berbagai pameran kerajinan. Pengelola sanggar juga memiliki situs di internet sebagai ajang pemasaran produk. Dengan langkah ini, para penghuni Sanggar K-QTA ingin menginspirasi anak-anak jalanan lainnya untuk terus berusaha memperbaiki nasib. (Sumber-Liputan6 SCTV)

168 komentar:

  1. bagus nih,,perlu dikembangkan lebih jauh dan dibuat cabang2 di tempat lain sehingga anak jalanan dapat memiliki ketrampilan dan tidak mengganggu para pengguna jalan,,terutama di lampu lalu lintas...

    BalasHapus
  2. wah beruntung anak-anak itu, karena masih ada yang peduli pada mereka, semoga dengan adanya sanggar K-QTA tersebut anak jalanan bisa menjalani kehidupan yang lebih baik.

    BalasHapus
  3. sangat menarik sekali dan banyak membantu anak2 jalanan, salam

    BalasHapus
  4. Wahh senang deh rasanya bila adek2 kita semangat dan ada wadah yg menampung kreativitasnya. Semangat ya Dek..

    BalasHapus
  5. Galeri K-QTA semoga dapat sebagai wadah bagi anak2 jalanan untuk mengenal kehidupan diluar jalanan dan dapat untuk mengeksploitasi potensi dan talenta mereka. Salam

    BalasHapus
  6. Maju terus Sanggar K-QTA...

    http://thehappyfamilies.blogspot.com

    BalasHapus
  7. semoga semakin banyak yang peduli dengan anak jalanan

    BalasHapus
  8. Semoga kehidupan anak-anak yang terbiar di jalanan akan berubah ke arah yang lebih baik..

    BalasHapus
  9. nice inpo,, smangat!! anak jlanan psti bsa brkarya

    BalasHapus
  10. semoga dimurahkan rezeki..

    BalasHapus
  11. semoga makin maju terus kreatifitasnya..
    dan bagi yang lain juga tetap berkembang kreatifitasnya..

    BalasHapus
  12. smoga sukses ya...
    saya dukung
    kunjungan pertama nih, slm knl dulu ya

    BalasHapus
  13. sukses slalu smoga banyak rejekiny

    BalasHapus
  14. tetap semangat dalam berkreasi ....anak jalanan perlu pamor dimata kita...

    BalasHapus
  15. saya sangat bersyukur krna saya masih bisa tinggal bersama dengan kedua orng tua saya...

    hal itu berbeda dengan nasib saudara-saudara kita yg di atas tsb...

    tetaap semngat buat anak jalanan :)

    BalasHapus
  16. Ide yg cemerlang & TQ 4 ur kind of visit.

    BalasHapus
  17. Semangat-semangat mereka memang mantappps !!!

    BalasHapus
  18. Anak jalanan harus terus berkarya...

    http://thehappyfamilies.blogspot.com

    BalasHapus
  19. wah...bener² hebat seperti inilah seharusnya kita saling menghargai dan mengisi agar bakat dan kreatifitas anak jalanan juga tersampaikan dan dihargai

    BalasHapus
  20. salut... mengembangkan bakat terpendam pada anak jalanan.

    http://intuisiblog.com

    BalasHapus
  21. Negara ini memerlukan banyak orang-orang yang peduli terhadap anak jalanan, karena negara tidak mampu untuk menanggulanginya.

    BalasHapus
  22. setiap orang mempunyai kelebihan masing-masing, termasuk anak jalanan. Biasanya pemerintah dalam membantu anak jalanan, cuma cari untuk proyek saja. saya salut sama orang atau LSM yang peduli sama anak jalanan, Biasanya kerjanya lebih ikhlas tanpa pamrih.

    BalasHapus
  23. gak nyangka hal ginian tuh ada disekitar kita..hikz...

    mampir ke blog ane juga sob :)

    Photoshop TutorialTips BlogHitsuke

    BalasHapus
  24. anak jalanan jg perlu berkreasi :)

    BalasHapus
  25. Ayo,,, tunjukan kreatifitasmu dalam hal positif jangan kalah sama yang lain

    BalasHapus
  26. salut, trus maju dg kreatiftas anak bangsa, mga sukses

    BalasHapus
  27. sayang pemerintah justru gak perduli sama mereka...untung banyak Lembaga kaya K-Qta ini...

    BalasHapus
  28. semoga sanggar2 yg lain terus bermunculan sehingga banyak anak2 jalanan yg dapat diberikan bekal ilmu untuk masa depannya..

    BalasHapus
  29. Atas Nama Surowungu

    "Kami acungkan jempol untuk itu semua. Tetap semangat :)"

    BalasHapus
  30. kreativitasnya bagus sob

    BalasHapus
  31. Kunjungan Kamis malam, Kawan...

    http://thehappyfamilies.blogspot.com

    BalasHapus
  32. Diperkotaan sudah sangat sulit untuk menemukan orang yang peduli terhadap sesama.

    BalasHapus
  33. ternyata masih ada yaa orang seperti malaikat di zaman sekarng,,,"mau menampung orang2 yang kesusahan.

    BalasHapus
  34. Seharusnya di tiap daerah ada sanggar buat ank2 jalanan

    BalasHapus
  35. Kunjungan Jum'at siang...

    http://thehappyfamilies.blogspot.com

    BalasHapus
  36. contoh yang harus kita tiru,,,, mereka bisa kenapa kita tidak bisa...

    manteb sob... jaya selalu salam hangat dari tetangga... CLH

    http://codelisthunter.blogspot.com

    BalasHapus
  37. Moga jaya selalu dan maju terus _ pantang mundur..
    hehehe

    Ini kunjungan perdana saya .... Salam kenal selalu... :)

    http://www.yulissamoa.com

    BalasHapus
  38. Nah. ini bru mantab... Harusnya pemerintah setempat di smua wlayah indonesia punya Otak yg kaya' gini jgn cuma uang saja yg di fikirkannya...
    kadnag malah membanci anak jalanan... bukannya memberikan mereka pekerjaan...

    BalasHapus
  39. Ayo semangat km pasti bisa hehehe

    BalasHapus
  40. ya anak jalanan harus berkreasi jangan hanya jadi peminta-minta yg sukanya ngelem di kolong jembatan. sukses deh bro, semangat terus.

    BalasHapus
  41. kunjungan rutin sahabat, ditunggu postingan berikutnya.

    BalasHapus
  42. Gan…..
    Blognya bagus banged..

    Ajarin saya ya….

    Mampir juga nih ke blog saya yang jelek banged…
    http://hpcartridgerefills.com

    Kita tukeran link juga….!!! :)

    BalasHapus
  43. Tempurung kelapa buat bara,
    Bara buat masak bahulu,
    Pemimpin kaya harta negara;
    Nasib rakyat siapa tahu.

    BalasHapus
  44. Kunjungan Sabtu malam nih...

    http://thehappyfamilies.blogspot.com

    BalasHapus
  45. knjungn sahabat...
    diitunggu knjungn baliknya ...
    salam knal..
    klik link n tinggalkan coment http://mandutechi.blogspot.com/2010/12/dengan-blog-anak-indonesia-harapan-masa_04.html

    berbagi lantunan nasyid di http://www.ziddu.com/download/10563094/Sebiru.mp3.html

    BalasHapus
  46. Mengunjungi Shabat di malam minggu..

    BalasHapus
  47. Alhamdulillah kalo ternyata ada sebuah wadah yg menampung kreasi temen2 smua... smangat!!!

    BalasHapus
  48. blm ada post baru neh kawan?

    BalasHapus
  49. tetaplah berkarya seperti itu kawan mungkin itu salah satu jalan untuk menggapai masa depan mu yg cerah..:)
    butuh komentar di sini
    http://goo.gl/odTU5

    BalasHapus
  50. 8/12/2010Medan wait for me,aku sampai di sana.Indonesia akan aku rakam semula gambar anak jalanan mengikut pandangan ku.

    BalasHapus
  51. hmm..hal ini neh yg perlu dikembangin walaupun mereka anak jalanan pastinya mempunyai kreativitas yg tinggi ..dukung ane ya disini

    http://www.technozy.com/2010/11/cirebon-blogger-competition-2010/

    ^ ^

    BalasHapus
  52. coba buat chatbox sob...biar mudah meninggalkan jejak :D

    BalasHapus
  53. halo halo..
    salam ewi dari makassar,
    oiya, disini ewi juga bergelut di komunitas yang peduli nasib adik2 kita,,
    salam kenal yah :)

    BalasHapus
  54. kunjungan balasan....
    sukses aja bro untuk aktifitasnya

    BalasHapus
  55. Selalu hadir...salam sukses dan tetap semangat

    BalasHapus
  56. gak ada buku tamunya ya kawan...

    BalasHapus
  57. Yang menggawangi anak anak itu siapa ya? hemm siapapun orangnya patut mendapat apresiasi dan perhatian dari semua kalangan...
    paling tidak membuka mata... bahawa inilah saudara kita..

    good job bro...

    BalasHapus
  58. kalo udah begini siapa yang disalahkan?

    BalasHapus
  59. ide yang sangat bagus... seharusnya di dukung oleh pemerintah ......

    BalasHapus
  60. inilah yg kita butuhkan, karya nyata peduli anak bangsa ..

    lanjutkan & tetap semangat sobat .. :-)

    BalasHapus
  61. Keren Salut dah,...
    Lanjutkan,.. :)

    BalasHapus
  62. sip gan.. anak jalanan memang harus dibina sedini mungkin, jangan sampai bertambah..

    BalasHapus
  63. trobosan yang bagus..dan mey-yakinkan

    BalasHapus
  64. saya datang menyambut pesona anda dengan membaca artikel bagus ini

    BalasHapus
  65. mari kita dukung maju turus pantang mundur horass. kawan

    BalasHapus
  66. berkunjung untuk komentar yang kesekian xnya,,,..???

    BalasHapus
  67. Kunjungan Selasa malam...

    http://thehappyfamilies.blogspot.com

    BalasHapus
  68. I thought it was going to be some boring old post, but it really compensated for my time. I will post a link to this page on my blog. I am sure my visitors will find that very useful.
    Thanks
    Online Medical Transcription

    BalasHapus
  69. jangan pernah menyerah :D

    BalasHapus
  70. kunjungan pagi sahabat & selamat beraktivitas ya ...

    BalasHapus
  71. Alhamdulillah..trnyata msh ada yg peduli dg nasib anak2 yg krg beruntung tsb.., mg2 aktivitas ini bisa membantu mereka menjadi pribadi lbh baik, minimal memp ketrampilan hingga bs mandiri tanpa hrs mencr iba dr org lain..Semangat!

    BalasHapus
  72. biar mereka terus berkarya moga kita semua tidak mengacuhkan mereka

    BalasHapus
  73. Aartikelnya bagus sopb... thanks udah sharingd engan sahabat blogger

    BalasHapus
  74. Sip sanggar yang bagus nih buat menampung kreativitas anak jalanan.. :)

    BalasHapus
  75. kasih chatbox dong bro biar ga bejibun komennya

    BalasHapus
  76. semangat terus brow...karena hidup itu tantangan...

    http://www.cintapendidikan.co.cc/2010/12/klasemen-liga-inggris-20102011-live.html

    BalasHapus
  77. mampir bro,.,.

    kunjungi sini bro.,.,.

    http://www.lyricchord.com/

    BalasHapus
  78. Kunjungan Kamis sore nih...

    http://thehappyfamilies.blogspot.com

    BalasHapus
  79. bagus nih . . . .
    bagus banget

    BalasHapus
  80. sukses terus deh buat K-Qta :)

    BalasHapus
  81. semakin banyak orang yang peduli terhadap sesama ke depannya indonesia bisa sejahtera.

    BalasHapus
  82. wah semoga nanti ak jg bisa bkn tempat2 penampungan kreasi anak jalanan;)

    happi blogging brader;D

    BalasHapus
  83. mungkin ini merupakan salah satu usaha real untuk perbaikan kehidupan di Negeri ini...

    -salam kenal-

    BalasHapus
  84. Wah, Gan... artikelnya mengharukan.
    Btw, Saran aja nih, sebaiknya ada buku tamu, agar pengunjung yang datang bisa tinggalkan jejak. Kalau di kolom comment, lama-lama bisa jadi spam, loh... kecuali kalau dayli update. God bless you

    BalasHapus
  85. kita harus menghargai apa yang orang tua kita berikan karena kita masih untung msh mempunyai tempat tinggal, makan cukup dan kebutuhan yang masih bisa terpenuhi mobil keluarga ideal terbaik indonesia

    BalasHapus
  86. berkunjung malam sob,,kalo bisa usul nih..bikin buku tamu sob,hehe...txs ya..

    BalasHapus
  87. masih tetap kreatif sperti saat trakhir brkunjung ksini..heheh:D

    BalasHapus
  88. Selmat pagi brader.... mohon kritik dan sarannya yaaaa

    di

    SITE
    SIAPA LAGI

    www.siapalagi.com

    BalasHapus
  89. ternyata masih banyak yang perduli terhadap anak jalanan di negeri ini..

    BalasHapus
  90. nah sekarang tugas kita, mau tidak membeli barang kerajinan mereka?

    Tips Usaha Supermarket

    BalasHapus
  91. makasih sering jalan-jalan ke blog ku, saran kasih tambahan cbox dong biar lebih praktis kirim pesannya....(http://cbox.ws/?r=5-475669)

    BalasHapus
  92. knjungn pagi....
    coment balik di http://mandutechi.blogspot.com/2010/10/negeri-elok-nan-enak-dipandang_24.html
    terimakasih......

    BalasHapus
  93. wah lumayan jg ya, bwt anak2 indo trs kreatif yo...

    BalasHapus
  94. Kunjungan Minggu siang...

    http://thehappyfamilies.blogspot.com

    BalasHapus
  95. Sunnguh kreatif,,, smangattt
    mat malam!!!!

    BalasHapus
  96. Semoga tetap Sukses Sob... Tetap SEMANGAt yah..!!

    BalasHapus
  97. semangat sob....
    kasih C-box na sob...

    BalasHapus
  98. "fAkir miskin dan anak2 terlantar dipelihara oleh pemerintah"
    Salut buAt AnDa Sob..kArenA funGsi pemErintAh yG di atas gAk bErfungSi, kitA lah yg hArus memfunGsikannya..!!! http://aboesite.blogspot.com

    BalasHapus
  99. aku datang lg sobat....keep your good work..!

    BalasHapus
  100. Salam sejahtera buat blogger semuanya :) //

    BalasHapus
  101. :: TQ 4 ur kind of visit. Nice greetings....

    BalasHapus
  102. Syahida hadir shob ... ditunggu postingan selanjutnya ....

    BalasHapus
  103. jalan jalan mlam sambil mendoakan mereka yang ada disana :)

    BalasHapus
  104. Akhirnya ku kembali bisa mengunjungi Sahabat di dunia maya.

    BalasHapus
  105. Kunjungan Selasa malam...

    http://www.womenandperspectives.com

    BalasHapus
  106. keren, maen dong ke sini http://cleosha.blogspot.com/

    BalasHapus
  107. HI! THANKS FOR DROPPING BY! SO KIND OF YOU! DO COME BACK AND LOOK AT MY UPDATES AGAIN YA! :D CLICKED!

    BalasHapus
  108. Kunjungan dan senyum balik...

    http://thehappyfamilies.blogspot.com

    BalasHapus
  109. kunjungan membawa postingan terbaru sob....

    BalasHapus
  110. wah bagus tuh ada sanggar yang seperti ini :D kegiatan di sanggar apa aja? mereka juga diajari musik dsb?

    BalasHapus
  111. met malam kang,maaf saya baru mampir

    BalasHapus
  112. Mari - mari datang ke blog q lagi hehehe

    BalasHapus
  113. met sianag sahabat...mampir nih....

    BalasHapus
  114. Thanks sudi mampir sahabat salam kenal dari su manje
    happy blogging together

    BalasHapus
  115. Link sahabat udah terpasang di blog saya..kalau tak keberatan ....silalah pasang link saya...maaf saya blogger baru...
    salam dari saya

    BalasHapus
  116. Aq hanya bs kasih SMANGAT kawan....

    BalasHapus
  117. kesian...jom membantu mereka ini...

    BalasHapus
  118. Our Friend ..Thnx for your visit.Come back to us always...Now we wish you a good night.

    BalasHapus
  119. took time to visit blog friends before Friday prayers, go back okay

    BalasHapus
  120. nice post gan, sukses selalu......

    BalasHapus
  121. inilah yang dinamakan sebuah solusi yang brilian... kita seharusnya mencontoh kepada kawan2 kita yang membuat sanggar untuk anak2 jalanan yang kurang mampu... tindakan mereka itu perlu untuk di apresiasi deh... jempol dari kami sob...

    BalasHapus
  122. wah salut aku ama kegiatan yg begini, terus berkarya ya teman-teman di galeri K-QTA :D

    BalasHapus
  123. Wah, masih galeri K-QTA ya...?

    BalasHapus
  124. bagus nih...
    meningkatkan kreatifitas anak jalanan dengan kegiatan positif... keep posting bro! :D

    BalasHapus
  125. met pagi sobat, gmana kbar anak jlanan, mga lbih baik, dtunggu post baru kbr anak jlnn

    BalasHapus
  126. visiting :)

    semangat untuk anak jalanan
    jangan lupa kunjungi
    http://sofianfinnegan.blogspot.com/
    comment balik ya :D

    BalasHapus
  127. wah, ini bidang konsentrasi saya nih... nice articlezz..

    BalasHapus
  128. Singgah melepas lelah hehehehehe

    BalasHapus
  129. good empaty to aothers. nice blog

    BalasHapus
  130. sorry late visiting my friend, busy lately

    BalasHapus