Kamis, 04 November 2010

Ada 4.023 Anak Jalanan di Jakarta


VIVAnews - Dinas Sosial DKI Jakarta mencatat sedikitnya ada 4.023 anak jalanan yang berkeliaran di beberapa titik jalan. Dari hasil penelusuran, diketahui ribuan anak jalanan itu tersebar di
52 wilayah di Jakarta.

Kawasan tersebut adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cilandak, Tomang dan Perempatan Coca Cola, Jakarta Pusat.

"Kebanyakan anak jalanan ini berasal dari daerah dan sulit terkontrol. Selain itu, seringkali para anak jalanan itu diakomodir oknum tertentu," ujar Kepala Dinas DKI, Budiharjo, Senin 11 Januari 2010.

Kendala lainnya menurut Budiharjo adalah kapasitas sarana pembinaan yang saat ini tidak sesuai dengan jumlah anak jalanan yang ada. Sehingga pembinaan terhadap setiap anjal hanya dilakukan selama 6 bulan sebelum dilepas kembali.

"Enam panti yang ada sudah penuh, sehingga kami hanya memberlakukan masa pembinaan tiga bulan dan tiga bulan untuk pelatihan” lanjut Budihardjo.

Menurutnya, pelatihan yang sudah diberikan kepada anak jalanan sering tidak ditindaklanjuti dengan tersediaan peluang kerja. Sehingga anjal kerap kembali lagi ke jalan.

Karena itu, dalam pemberdayaan anak jalanan, pihaknya berencana akan bekerjasama denga pihak swasta dengan memaksimalkan program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki masing-masing perusahaan.

Langkah tersebut telah diterapkan beberapa badan usaha derah seperti Taman Impian jaya Ancol (TIJA), Taman Margasatwa Ragunan (TMR), serta pusat perbelanjaan seperti mall.

6 komentar:

  1. wadew.... gmna kedepannya ??

    BalasHapus
  2. Jik pemerintah lebih perhatian, pasti jumlahnya ga bakal sebesar ini

    BalasHapus
  3. miris jika kita melihat anak2 jalanan...
    terkadang kita kurang bersyukur dengan apa yang telah kita miliki.....

    BalasHapus
  4. adanya oknum yang berkepentingan dengan kehadiran anak jalanan inilah yang harus diberantas terlebih dahulu..
    kalaupun bisa mendidik anak jalanan, tapi jika oknum tersebut masih ada, kemungkinan besar anak yang telah terdidik tadi akan kembali lagi ke jalanan..

    BalasHapus
  5. wah di jakarta ajah jml anak jalanan udah segituh,.. :'( gimana kalau digabungin seIndonesia ya ??? waduh.................. moga ja bisa berkurang minimal 50%

    BalasHapus